Saturday 21 September 2013

Symposium of International Relations

Simposium Ilmu Hubungan Internasional adalah sebuah kegiatan untuk membahas secara mendalam mengenai perkembangan ilmu HI hingga mencapai bentuk termutakhirdan mendiskusikan pengaplikasian ilmu tersebut dalam menjelaskan isu-isu global yang menjadi sorotan utama dunia hari ini. Peserta dalam kegiatan ini adalah mahasiswa HI yang telah mendaftarkan diri kepada panitia International Relations Week 2013 dan memenuhi persyaratan dengan menyiapkan position paper terkait tema yang telah ditetapkan. Kegiatan ini akan dibagi menjadi empat sesi yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 7-8 November 2013.


a. General Lecture
General Lecture merupakan sesi untuk memberikan mind-mapping bagi peserta simposium terkait tema yang telah ditentukan sekaligus latar belakang pemilihan tema tersebut. Agenda ini akan diisi oleh seorang pakar keilmuan yang memiliki kapabilitas untuk membangun wacana dan membuka wawasan seluruh peserta mengenai tema besar dari simposium. 
b. Plenary Session
Plenary Session adalah sesi pembekalan pengetahuan kepada peserta simposium. Pada sesi ini, para pembicara yang terdiri dari pakar ilmu HI akan memberikan penjelasan secara mendalam terkait perkembangan disiplin ilmu HI hingga mencapai bentuk termutakhirnya hari ini. Melalui penjelasan tersebut, akan terjadi penurunan pengetahuan terkait bentuk termutakhir ilmu HI kepada peserta simposium. 
c. Focus Group Discussion
Focus Group Discussion (FGD) adalah sesi untuk mengaplikasikan pengetahuan yang telah didapat peserta dari Plenary Session dalam menjelaskan isu-isu global yang menjadi sorotan utama dunia hari ini. Pada kegiatan ini, peserta simposium akan dibagi ke dalam tiga ruangan terpisah yang masing-masing akan mendiskusikan isu global yang berbeda. 
d. Paripurna
Paripurna adalah sesi terakhir dari Simposium Ilmu Hubungan Internasional. Pada sesi ini, para peserta akan kembali dikumpulkan dalam satu ruangan untuk menemukan kesimpulan dari diskusi yang telah dilakukan dalam ruangan terpisah. Kesimpulan yang dihasilkan dalam Paripurna akan menjadi pernyataan resmi Simposium Ilmu Hubungan Internasional yang akan dipublikasikan dalam bentuk proceeding paper.
Tema “Menjawab Tantangan Ilmu HI dalam Sketsa Kontemporer.” 

Susunan Acara :

1. Plenary Session I : Sejarah dan Perkembangan Teori HI
      - Speaker : 1. Prof Mohtar Mas'oed
                       2. Suzie Sudarman
                       3. Dodi Mantra

2. Plenary Session II : Sejarah dan Perkembangan Interdisiplinaritas ilmu HI
     - Speaker : 1. Dr. Eric hiariej
                      2. Hizkia Yosie Simon Polimpung
                      3. Joko Susanto

3. Focus Group Discussion
     a) Krisis Ekonomi Global
     b) Krisis Kedaulatan Negara
     c) Transisi Kekuatan Global

--Fasilitas untuk peserta:
 1. Notebook
 2. CD (berisi paper pembicara)
 3. Sertifikat

0 comments:

Post a Comment